Volkswagen Beetle

VolkswagenBeetle-001.jpg

Sejarah

Asal mula mobil ini berasal dari zaman Nazi Jerman pada tahun 1930an. Adolf Hitlermenginginkan agar kendaraan pribadi dapat tersedia untuk masyarakat umum, dan menugaskan seorang insinyur, Ferdinand Porsche, untuk merancang kendaraan tersebut. Hitler mensyaratkan bahwa kendaraan ini harus mampu mengangkut dua orang dewasa dan tiga anak kecil, pada kecepatan 100 km/jam, dan harganya tidak melebihi harga sepeda motor ditambah harga boncengan samping sepeda motor pada waktu itu.
Perancang mobil yang sebenarnya masih kontroversial, karena walaupun secara resmi Ferdinand Porsche adalah perancangnya, pada 1920-an, Joseph Ganz telah merancang mobil yang mirip. Mobil tersebut lebih kecil dan lebih murah, namun para produsen mobil tidak tertarik, justru dua produsen sepeda motor yang tertarik. Adlermemproduksi Maikäfer, dan Standard memproduksi Superior, dan mengkampanyekan dalam iklan sebagai 'Der Deutsche Volkswagen' (mobil rakyat Jerman).
Ketika Nazi mulai berkuasa, mereka menyukai Superior, namun tidak lama kemudian, Joseph Ganz dimasukkan ke penjara. (Ia kemudian kabur ke Swiss). Kemungkinan alasan dipenjaranya Ganz adalah karena Nazi mengetahui bahwa ia adalah seorang Yahudi. Pemerintah Nazi kemudian mendekati Porsche, yang merancang prototipe mobil yang mirip dengan Superior, yang dinamakan Käfer. Menurut Volkswagen, tidak hanya Ganz yang telah merancang mobil dengan desain mirip, dan Käfer sendiri bukan didesain berdasarkan rancangan Ganz.
Perusahaan Volkswagen dapat bertahan setelah Perang Dunia atas usaha seorang tentara Inggris, Mayor Ivan Hirst. Setelah perang, Hirst diperintah untuk mengepalai pabrik yang telah rusak dibombardir Sekutu dan dikuasai Amerika Serikat. Dimulai dengan usahanya membuang bom yang tidak meledak yang tersangkut di antara mesin produksi, ia kemudian berhasil meyakinkan angkatan bersenjata Inggris untuk memesan 20.000 mobil. Pada tahun 1946, pabrik tersebut telah dapat memproduksi 1.000 mobil per bulan.
Produksi VW Kodok "Type 1" berkembang pesat dari tahun ke tahun, dan pada 1954 mencapai 1 juta mobil. Pada 1973, produksi telah mencapai 16 juta, dan popularitas mobil telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Mobil ini memiliki nama julukan yang berbeda-beda pada setiap negara, namanya biasanya berupa istilah yang mencoba menggambarkan bentuknya yang unik:Käfer di JermanSedan, lalu Fusca di BrasilCoccinelle di PerancisΣκαθάρι(Scathari yang berarti kumbang) atau Σκαραβαίος (Scaraveos yang berarti kumbang jenis Scarabaeidae) di YunaniMaggiolino di ItaliaSedán atauVocho di MeksikoKever di Belandakotseng kuba (yang berarti 'mobil punggung bongkok')/"pagong" (kura-kura) di FilipinaGarbus (yang berarti 'Bongkok') in PolandiaBrouk di Republik CekoCarocha di Portugal;Escarabajo di Spanyol dan Amerika LatinHipushit di IsraelКосτенурка(Kostenurka) di Bulgaria (yang berarti kura-kura); عقروقة (Ag-ru-ga) in Iraq;Boble (gelembung) di NorwegiaBuba di KroasiaBug di Amerika Serikat, dan tentunya Kodok di Indonesia.

Sekarang Volkswagen telah mengeuarkan beetle versi baru yang di namakan Volkswagen New Beetle
volkswagen new beetle

Model Line Overview

Model lineup:Volkswagen Beetle ($18,995); Beetle 2.5L ($19,795); Beetle 2.0T ($23,395)
Engines:2.5-liter inline-5; 2.0-liter turbocharged inline-4
Transmissions:5-speed manual, 6-speed manual, 6-speed automatic, 6-speed twin-clutch manual automatic DSG
Safety equipment (standard):frontal airbags and curtain airbags; ABS, ESC electronic stability control; Intelligent Crash Response system
Safety equipment (optional):none
Basic warranty:3 years/36,000 miles
Assembled in:Germany

Specifications As Tested

Model tested (MSRP):Volkswagen Beetle 2.5L ($19,795)
Standard equipment:V-Tex leatherette seating, 6-way manual seats with lumbar, heated front seats, 50/50 split folding rear seats, leather steering wheel, trip computer, 8-speaker sound system, Bluetooth and MDI (Media Device Interface), power windows, cruise control, 17-inch alloy wheels
Options as tested (MSRP):6-speed automatic transmission (1100)
Destination charge:($770)
Gas guzzler tax:N/A
Price as tested (MSRP):$21,665
Layout:front-wheel drive
Engine:2.5-liter DOHC inline-5
Horsepower (hp @ rpm):170 @ 5700
Torque (lb.-ft. @ rpm):177 @ 4250
Transmission:6-speed automatic
EPA fuel economy, city/hwy:22/29 mpg
Wheelbase:99.9 in.
Length/width/height:168.4/71.2/58.5 in.
Track, f/r:62.2/60.9 in.
Turning circle:35.4 ft.
Seating capacity:4
Head/hip/leg room, f:31.4/na/41.3 in.
Head/hip/leg room, m:N/A
Head/hip/leg room, r:37.1/na/31.4 in.
Cargo volume:15.4 cu. ft.
Payload:N/A
Towing capacity:N/A
Suspension, f:independent, struts, 22mm antiroll bar
Suspension, r:torsion beam
Ground clearance:5.7 in.
Curb weight:2983 lbs.
Tires:P215/55R17
Brakes, f/r:vented disc/solid disc with ABS
Fuel capacity:14.5 gal.

Sekian penjelasan dari saya, terimakasih..

Sumber : wikipedia, thebestviewcars.blogspot.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment